Kamis, 08 Mei 2008

“Iklim Berubah, Waspadalah Terhadap Bencana Lingkungan!”

Kondisi lingkungan global saat ini memburuk sejalan dengan pertumbuhan pembangunan negara-negara di dunia yang kurang berwawasan lingkungan. Hasil pengamatan para ahli menunjukkan bahwa pada satu abad terakhir ini telah terjadi peningkatan suhu global sebagai akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca (GRK) di atmosfer. Peningkatan ini menyebabkan terjadinya Efek Rumah Kaca sehingga suhu udara di permukaan bumi meningkat, yang dikenal dengan ”Pemanasan Global” serta terjadinya perubahan pola iklim. Perubahan iklim menyebabkan berbagai persoalan lingkungan seperti perubahan pola curah hujan yang telah mengakibatkan banjir dan longsor ataupun musim kemarau berkepanjangan. Hal ini juga menyebabkan berubahnya pola musim tanam yang merugikan petani karena sulit menentukan pembibitan, perkiraan panen serta serangan hama tak terduga. Dari segi kesehatan, habitat kehidupan yang terganggu menyebabkan meningkatnya penyakit epidemi seperti demam berdarah dan malaria. Jika tidak ada upaya pengurangan emisi, maka bumi akan semakin panas. Kondisi ini menyebabkan es di kutub mencair dan meningkatkan permukaan air laut sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam.

Oleh sebab itu, perlu dukungan semua pihak untuk mengantisipasi dampak dari perubahan iklim yaitu dengan upaya ”adaptasi” dan ”mitigasi”. Kegiatan beradaptasi antara lain menanam pohon untuk menghindari longsor dan menyerap polusi udara, pembuatan sumur resapan serta menghindari daerah pemukiman di lereng bukit. Kegiatan mitigasi atau pengurangan efek gas rumah kaca dapat dilakukan dengan hemat energi, tidak konsumtif, mengurangi dan mengelola sampah, serta efisiensi penggunaan transportasi.

UU 23/1997 mendefinisikan lingkungan hidup sebagai kesatuan ruang dengan segala benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Sehingga, secara eksplisit, dapat dinyatakan bahwa tingkat kelangsungan perikehidupan dan kesejahteran manusia ditentukan oleh kualitas lingkungan hidup.

Dengan demikian, dalam pengertian lingkungan hidup tercakup pula apa yang didefinisikan sebagai sumberdaya alam: “Sumber daya alam adalah semua benda, daya, keadaan, fungsi alam, dan makhluk hidup, yang merupakan hasil proses alamiah, baik hayati maupun non-hayati, terbarukan maupun tidak terbarukan.” (menurut naskah akademis RUU PSDA versi 19 Nov 2002) serta Agraria yang didefinisikan sebagai seluruh bumi, air, ruang angkasa, termasuk kekayaan alam yang terkandung di dalamnya (menurut UU No.5 Tahun 1960).

Hampir semua masalah lingkungan, ujung-ujungnya bisa berdampak menjadi bencana yang menyengsarakan masyarakat. Kegiatan penebangan liar, penambangan liar maupun penyelewengan tata ruang wilayah di kawasan lindung terkesan tidak lagi merupakan bentuk penyelewengan apalagi liar, karena kenyataannya semua itu terjadi di depan aparat pemerintah dan terkesan dibiarkan tidak ditindak. Di kawasan budidaya seperti yang terjadi di banyak perkotaan, perjuangan pembangunan fasilitas umum, tempat sampah, taman dan hutan masih merupakan agenda politik lingkungan papan bawah dan banyak dikalahkan oleh pembangunan mal, supermarket dan factory outlet.

Di negara kita, etika lingkungan sebenarnya telah ada sejak dahulu kala. Nenek moyang kita telah menjalankan politik lingkungan melalui dongeng, tembang, mitos, dan cerita rakyat setempat untuk keselamatan kampungnya. Kearifan tradisional ini masih bisa kita jumpai di masyarakat adat semisal Baduy, Kampung Naga dan lain-lainnya. Seharusnya etika lingkungan yang penuh warna kearifan dan kebenaran tradisional ini dapat dikembangkan untuk penyelamatan lingkungan yang lebih luas di negara kita.

( referensi from ARIES APRIL ARDIANSYAH – Staf DKLH )


1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://lingkungan.infogue.com/
http://lingkungan.infogue.com/iklim_berubah_waspadalah_terhadap_bencana_lingkungan